Minggu, 29 April 2012

5 TIPS memilih pupuk organik

Quantcast
Pertanian organik - pupuk organik cair Ciremai
Mendapatkan satu produk pupuk yang nerkualitas tentunya menjadi keinginan banyak orang, sebagaimana halnya membeli pupuk organik cair, karena manfaatnya yang besar untuk pertanian,  perkebunan, peternakan dan perikanan serta kelestarian alam. Keunggulan dan dan manfaatnya itu telah mendorong keinginan petani menggunakan pupuk organik. Sekarang sudah cukup banyak produk pupuk organil yang beredar di pasar .
Berikut tips bila anda ingin membeli pupuk organik ;

1. Belilah pupuk organik yang bermutu / berkualitas tinggi

Jadikanlah pertimbangan mutu / kualitas tinggi pupuk organik sebagai faktor utama dan pertama. Sasaran kita membeli pupuk organik adalah untuk meningkatkan produksi yang pada akhirnya akan meningkatkan penghasilan. Jangan gunakan pertimbangan harga murah tetapi kualitas rendah, ini tidak akan dapat meningkatkan produksi, dan pada akhirnya anda malah akan rugi / bagkrut. Di pasaran banyak pupuk organik dengan harga terjangkau tetapi kualitasnya sangat bagus dan terbukti mampu meningkatkan produksi pertanian, seperti pupuk organik cair Ciremai misalnya.

2. Pahamilah pupuk organik yang akan anda beli

Sebaiknya anda pahami tentang kegunaan dan manfaat pupuk organik yang akan anda beli, kalau anda kesulitan – setidaknya anda bisa bertanya pada pemilik toko pupuk organik atau petugas lapangan yang bisa anda temui. Lebih bagus lagi bila anda bisa memahami tentang komposisi pupuk dan kegunaannya, yang biasanya tertera di dalam kemasan. Ini merupakan salah satu tips/saran yang manjur agar anda tidak dipusingkan atau dikecewakan oleh penawaran yang tidak masuk akal.

3. Menggunakan pupuk organik sesuai aturan

Pastikan anda mencoba memakai sesuai denga aturan dari perusahaan, karena aturan atau dosis pemakaian yang disampaikan tetntu telah melewati pengujian yang dapat dipertanggungjawabkan. Selanjutnya tentu anda bisa bereksperimen sendiri setelah mengenal betul perilaku pupuk organik ini.

4. Pastikan pupuk organik yang anda beli terdaftar di Deptan

Leaflet - Pupuk Organik Cair Ciremai
Ada baiknya anda luangkan waktu sejenak untuk meneliti apakah pupuk organik yang akan anda beli sudah mengantongi ijin dari deptan?, Legalitas produk dari Deptan ini sangat penting, karena produk yang sudah mendapatkan ijin dari Deptan tentu sudah lolos pengujian dari para ahli penelitian produk di lembaga tersebut.
Saat ini banyak sekali beredar pupuk organik yang belum terdaftar di deptan, dan bahkan produsennya tidak jelas alamat dan domisili perusahaannya, akibatnya apabila anda mengalami kesulitan/hasil yang tidak memuaskan oleh karena pemakaian pupuk organik tersebut maka anda akan mengalami kesulitan untuk menghubungi atau meminta pertanggung jawaban dari penjual/produsen.
Saat ini anda bisa mendapatkan produk pupuk organik cair berkualitas tinggi yang sudah terdaftar di Deptan, yaitu pupuk organik cair CIREMAI, yang diproduksi dan diedarkan oleh CV. Anugerah Karya Makmur, kini telah hadir di Cianjur jln Ariwinda samping kantor karang taruna Cianjur.

5. Baca spesifikasi lengkap dan proses pembuatan

Baca dan pahami spesifikasi pupuk organik yang akan anda pergunakan, spesifikasi ini bisa anda dapatkan dari media cetak/brosur resmi, bertanyalah mengenai produk  pupuk hayati secara lengkap dan juga mengenai proses pembuatan pupuk hayati secara terperinci dan jelas, karena semua informasi tersebut akan bermanfaat untuk menentukan pupuk hayati yang anda butuhkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar